Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya!

Awaknyo >>

BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya!

Salam blogger indonesia dimanapun berada, mengikat ilmu adalah: menjadikan ilmu terpaut dan tidak pergi begitu saja dari kita dalam jangka waktu yang sangat lama. berikut ini kita akan membahas: cara mengikat ilmu dengan menulisnya, alasan kenapa ilmu harus di ikat? , cara menulis yang menyenangkan agar ilmu tidak mudah hilang, pengetahuan pepatah masuk telinga kanan keluar telinga kiri.
Oke pembahasan pertama,

blogger indonesia, cara mengikat ilmu, mengikat ilmu dengan menuliskannya, cara hebat

Cara Mengikat Ilmu Dengan Menuliskannya:

cara mengikat ilmu itu bermacam macam mulai dari terus berlatih atau sering mengulanginya, sering membacanya berulang ulang. tapi dikesempatan ini yang kita bahas mengenai mengikat ilmu dengan menulisnya. yah sob, memang betul.

menulis itu bisa menjadikan ilmu terikat dengan kita karena konsepnya adalah semakin sering ilmu itu dipraktekkan atau di ulangi maka akan semakin jelas ingatannya, dengan menulis berarti kita mengulang ngulangnya dan akan membuatnya semakin terikat dengan kita. selain itu walaupun nantinya kita lupa dengan ilmu itu misalnya dibagian tertentu saja kita lupa dan berusaha mengingatnya.

kalau kita menulis ditempat yang memudahkan kita untuk meraihnya maka kita tinggal pahami lagi dan inilah yang namanya "mengikat ilmu dengan menuliskannya"
ngeblog adalah cara hebat dan pintar dalam menulis dan mengikat ilmu karena kita bisa mengakses kapan saja, dimana saja, jam berapa saja entah pagi , siang , sore, malam atau tengah malam butapun kita bisa mengaksesnya selama ada internet dan perangkatnya

apa itu blog?


Contoh Blog: Awaknyo tentang tutorial blogging dan bisnis online

blog yang biasa disebut webblog adalah tempat menulis artikel yang bersifat bebas. salah satu platform blog terbesar di dunia dan gratis adalah blogger.com milaknya bos internet google, yang diakuisisi beberapa tahun silam.
di blogger.com kita bisa menulis apa saja semau kita, mulai dari artikel, curhat, pengalaman, keseharian dan tidak lupa kita bisa mengikat ilmu dengan menulisnya disana.

Tertarik Ingin Memiliki Blog Yang Bisa Diakses Kapan Saja Dimana Saja?

Untuk hal ini saya punya artikelnya
silahkan dibaca sob:

#5 Menit! Cara Membuat Blog Di blogger.com Dengan Mudah!

diblogger kita bisa berekspresi dengan tulisan kita, kita bisa menambahkan gambar, video dan gaya gaya lainnya , maka semakin menarik semakin lengket ilmu itu dan semakin terikat dengan kita seperti http://awaknyo.blogspot.com seperti itu nantinya blog kamu sob..

hebatnya lagi kita tidak kekurangan space menyimpan ilmu seperti menyimpan buku yang banyak dan memenuhi rumah. tidak! kita hanya perlu smartphone ataupun komputer/laptop seadanya maka ratusan ribu artikelpun anda tidak dibebani biaya sepeserpun alis GRATISS...

jangan biarkan ilmu yang susah payah didapat dengan mudahnya akan meninggalkanmu ikat mereka dengan menulis mereka di blog.

Mengapa Ilmu Perlu Di Ikat?


tentang mengapa ilmu harus di ikat karena ilmu itu susah didapat, walaupun ada yang mudah tapi itu menghabiskan waktu anda seperti sekolah formal: SD,SMP,SMA, UNIVERSITAS.. berapa waktu yang dihabiskan dan berapa biaya yang dihabiskan? dan disekolah non formal seperti kursus biasanya mahalkan? apakah kita mau ilmu yang kita dapat itu pergi begitu saja?

tentunya tidak lah! pasti kita ingin ilmu yang kita miliki terus bersama kita sampai kapanpun. tapi tanpa ada usaha untuk mengikatnya sangat kecil kemungkinan ilmu itu lengket, dia bisa pergi kapan saja dan anda kesulitan mengingatnya dan perlu belajar lagi. jadi kalau kita menulis maka kita hanya perlu membaca tulisan itu saat kita butuhkan nantinya..
seperti yang kami sarankan menulislah diblog.


Cara Menulis Yang Menyenangkan Agar Tidak Mudah Hilang Dari Ingatan:


ternyata menulis itu tidak sembarangan sob, kita perlu teknik pedoman serta acuan yang tepat untuk menulis. seperti misalnya menulis pantun? menulis artikel? menulis puisi? menulis naskah drama. ada aturannya kan sob? siapa yang membuat aturannya? tentu standar dari ilmu itu. nah menulis agar tidak mudah hilang alis ilmu itu selalu teringat maka juga ada aturannya sob , siapa yang membuat aturan? yah kita sendiri sob, kita sesuka hati kita tanpa diatur oleh siapapun. tapi walaupun begitu tetap ada pedoman atau lebih enak disebut tips menulis yang baik.

adapun tipsnya simak yah sob:

1. Tulisan Yang Menyenangkan, yah ini aspek penting yang perlu diperhatikan. jika kita senang menulisnya maka ilmu itu akan semakin lengket dengan sendirinya tapi kalau menulisnya membosankan. sama aja boong sob hehe, misalnya karena kita ingin ingat terus tapi kita sedang malas menulis itu tidak akan membuat ikatan, jika anda dalam kondisi seperti itu anda harus mengubah keadaan agar menjadi menyenangkan barulah kemudian menulisnya.

caranya mudah: lupakan masalah kamu sob, atau di hide dulu , terus hirup nafas dalam dalam dan tiupkan perlahan. nikmati hidupmu pikirkan bahwa menulis itu adalah hal yang asyik , setelah perfect sekarang tulis ilmu yang ingin ditulis, gunakan bahasa santai misalnya seperti sobat, hehe , wkwkwk, dan menulisnya tidak perlu formal , dengan begitu ilmunya akan mudah terikat sendiri dengan kamu sob.

2. Bahasa yang sopan dan tetap menjaga etika kemanusiaan. yah ini penting sob, jangan sampai kita menulis artikel karna saking santainya kita lupa dengan kaidah bahasa kita apakah masih dalam normal atau sudah melewati batas.
ingat sob! sekarang sudah ada UU ITE jadi setiap kata yang kita tulis akan sangat berpengaruh. tapi sobat tidak perlu juga merasa takut tulis saja yang baik baik dan jangan menjelekkan seseorang/kelompok. maka akan aman aman saja.

3. Tulis Dengan Gaya Bahasa Sendiri,
terkadang karna ingin menerapkan suatu tips orang muluk muluk berupaya mengikutinya padahal dia sebenarnya punya cara sendiri yang hasilnya lebih baik dari pada tips orang, jadi ikuti tips orang namun jangan mengesampingkan ide kamu, tetap ikuti apa yang kamu rasakan dan menuliskan dengan gaya kamu sendiri. kamu bisa kombinasikan dengan tips orang lain.

4. Buat Desain Blog Yang Menyenangkan.

jika kamu ingin pengalaman menulis ikatan ilmu menyenangkan maka template yang menyenangkan serta memberikan kenyamanan adalah hal penting. jangan memberi warna yang membuat sakit mata seperti warna kuning, atau teksnya jadi susah dibaca.

ciptakan blog kamu agar mudah dibaca dan menyenangkan, kamu bisa memakai template yang simple atau yang keren. kamu bisa mendapatkan di templateism.com (internasional) atau bisa juga arlinadzgn.com (nasional)

disana tersedia puluhan template yang bisa didapatkan gratis agar blog anda punya tampilan menyenangkan dan pas membacanya kita merasa rileks tenang nyaman dan sangat menikmati. maka template yang seperti inilah yang bisa menciptakan suasana seperti itu.


5. Share Tulisan Kamu Dan Dapatkan Komentar!
Ini juga sangat efektif agar ilmu yang kita miliki semakin terikat dengan kita, dengan membagikan kemedia sosial yang kita miliki seperti facebook, google plus, twitter, bbm, mig.me instagram dan lain sebagainya, jangan lupa artikelnya buat dengan judul yang menarik, maka orang akan tertarik dan akan memberi komentar. mereka juga bisa mengkritisi tulisan kita, itu salah tu, itu begini itu begitu.. jadi pas kita tidak sengaja menulis langkah yang salah pembaca mengingatkan kita melalui komentar maka ilmu itu akan semakin terikat dengan kita.

jika kamu semakin tertarik kamu bisa
baca blog ini semua artikel tentang blogging
ikut grup BLOGGER INDONESIA di facebook disana ada kumpulan pemilik blog yang berinteraksi satu sama lain dan tentunya ini juga akan menumbuhkan minat menulis kamu dan kamu akan semakin suka menulis ilmu bahkan mungkin kamu akan menjadikan menulis ilmu sebagai profesi , seperti yang dilakukan oleh kebanyakan blogger.

Tentang Pepatah Masuk Telinga Kanan Keluar Telinga Kiri!


Pastinya sobat sudah sering dengar kata kata itu kan? artinya adalah sebetapa ruginya orang yang menghabiskan waktu tenaga dan fikiran tapi tidak paham tentang ilmu yang dipelajarinya "masuk telinga kanan keluar telinga kiri" ini biasanya yang sering dalam nasehat, ketika orang menasehati kita kita mengangguk ketika sudah selesai maka lupa begitu saja.

hai sob jika ingin punya ilmu yang terikat denganmu nasehat itu juga penting, kamu tidak boleh melawan dalam hati. kan kebiasaan kita tuh pas kita dinasehatin pasti kita tidak senang yah kan ? ngaku gak? ngaku aja sob.. hehe jadi sangat penting sekali semua aspek sehingga menjadi suatu kombinasi yang besar dengan efek yang besar pula.

kesimpulan:Judul: BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya!para blogger indonesia khususnya pemula, agar ilmu kita lengket dan terikat dengan kita maka kita harus menulisnya dengan cara kita sendiri, dengan gaya bahasa yang menyenangkan dan tanpa dibebani apapun. maka ilmu itu akan sendirinya lengket pada kita.

2 komentar untuk "#BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya!"

>> Beri Komentar Yang Relavan dan Sopan.
>> Tersedia Name/url, Jangan Posting Url Blog Dikomentar.
>> 95% Komentar Disetujui, Jangan Buang Buang Waktu Anda Melakukan Spam.

"Jadilah Blogger Yang Suka Bersilatur Rahmi"